Powered By Blogger

Selasa, 05 Juli 2011

Makalah Mengkudu


Bab I
Pendahuluan
1.            Latar belakang
Mengkudu (Basa Aceh: keumeudee, Jawa: pace, kemudu, kudu); cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi),
Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.
Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Mengkudu (keumeudee) karena itu sering ditanam di dekat rumah.
2.      Rumusan masalah
a.       Apakah tanaman mengkudu itu?.
b.      Apa saja nama-nama mengkudu di berbagai daerah?.
c.       Apa khasiat dan manfaat mengkudu bagi kesehatan?.
3.      Tujuan
a.       Untuk mengenal jenis tanaman mengkudu.
b.      Mengetahui nama-nama tanaman mengkudu.
c.       Dapat mengetahui khasiat serta manfaat mengkudu.
Bab II
Pembahasan
1.     Tanaman mengkudu
Asal usul mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari (Asia Tenggara). Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara.Tanpa sebab yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka.
 Ada kesan para pengembara itu di kecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah lama mengembara, mereka sampai di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut langsung jatuh hati saat melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya.
Uniknya, mereka seakan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke pulau lain. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sejumlah tumbuhan dan hewan yang ikut dibawa, karena dianggap penting untuk mempertahankan hidup. Beberapa tumbuhan asli, seperti pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, dan mengkudu, dibawanya.Di antara yang dibawa itu, masih ada yang berupa stek dan tunas.
Salah satu tumbuhan itu, yakni mengkudu, dianggap barang keramat. Sejak 1500 tahun lalu penduduk kepulauan yang kini disebut hawaii itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. Mereka menduga tumbuhan bernama latin Morinda citrifolia tersebut memiliki banyak manfaat. Mereka memandangnya sebagai Hawaii magic plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.



2.   Khasiat Buah Mengkudu
  1. Menstabilkan tekanan darah dan aras kolestrol - otot jantung
  2. Gangguan dalam tubuh - kencing manis, sakit kepala, ginjal, buah pinggang, pundi kencing, pundi hempedu dan tiroid
  3. Mencegah pertumbuhan sel kanser dan tumor
  4. Sistem pernafasan - resdung, asthma, bronkitis, hingus meleleh, batuk, sakit tekak, batuk kering, kolera dan bayi yang demam selsema
  5. Gangguan penghadaman - perut kembung, ulcer, gastrik, cirit-beret, muntah-muntah, tidak hadam, buasir, keracunan makanan
  6. Mulut dan Tekak - radang tekak, sakit gusi dan sakit gigi
  7. Sakit tulang dan sendi - terseliuh dan gout
  8. Penyakit kulit - bisul, luka, kurap, radang, ulser kulit
  9. Sakit puan - senggugut, gangguan haid
  10. Menghilangkan gatal - celah kelangkang, pelipatan, ulat air dan penyakit kulit
  11. Memulihkan kesan umum penuaan (awet muda)
  12. Menghilangkan ketagihan dadah dan rokok
  13. Membantu sistem kesuburan lelaki dan wanita
  14. Meredakan kesakitan (analgesik)
  15. Meningkatkan tenaga tubuh badan
  16. Mengurangkan stress (tekanan)
  17. Anti-oxidant
  18. Salah satu bahan penting bagi memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh badan manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase.
  19. Interaksi dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil – sekaligus mempercepatkan penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan.
  20. untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahanan protein tubuh yang merupakan bahan awet muda.
  21. Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksidan, yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Biasanya buah mengkudu dipetik dan diperam di atas garam, atau di dalam beras. Bila telah masak dapat dimakan layaknya buah lainnya. Bahkan buah mengkudu dapat dicampur dengan gula untuk dimakan.
  22. Daun muda mengkudu dapat digunakan sebagai sayuran atau dimakan bersama dengan nasi. Kulitnya berguna untuk mengobati penyakit Malaria. Bunga mengkudu dapat digunakan untuk merawat penyakit mata. Akar mengkudu berguna untuk merawat hidung tersumbat dan pendarahan otak.
  23. Salah satu bahan penting bagi memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh badan manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase.
  24. Interaksi dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil – sekaligus mempercepatkan penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan.
  25. Berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahanan protein tubuh yang merupakan bahan awet muda.
  26. Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksidan, yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Biasanya buah mengkudu dipetik dan diperam di atas garam, atau di dalam beras. Bila telah masak dapat dimakan layaknya buah lainnya. Bahkan buah mengkudu dapat dicampur dengan gula untuk dimakan.







Bab III
Penutup
1.      Kesimpulan
            Bagi masyarakat Indonesia, Morinda citrifolia, yang lebih dikenal dengan Buah Mengkudu atau Buah Pace, bukanlah sesuatu yang asing. Ia dikenal secara turun temurun sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, diantaranya : menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan luka, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, menambah nafsu makan, masalah haid, dan lain-lain.
Menurut Philipus, Mengkudu memiliki kemampuan untuk merontokkan dan membersihkan sel-sel mati yang ada di dalam jaringan tubuh kita, termasuk yang berada di dalam saluran pembuluh darah. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga dan memelihara sel-sel yang masih hidup, serta menumbuhkembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati.
2.            Saran
            Makalah diatas sudah cukup jelas menerangkan manfaat dari mengkudu. Mungkin kita belum pernah mencoba rasa mengkudu. Jadi, dengan mengkonsumsi mengkudu berarti kita ikut menjaga tubuh kita.










Daftar Pustaka
http://www.ekafood.com/khasiat.htm

1 komentar:

  1. titanium headers - Tiara-Aristocrat
    Titanium header. Description: A trekz titanium list titanium engagement rings for her of titanium price per ounce Tiara-Aristocrat style 라이브스코어 headers from T-Mobile titanium tubing Tiara-Aristocrat logo. Icon. Icon.

    BalasHapus